Senin, 11 Juli 2011

Diksi dalam Bahasa Indonesia


Judul           : Diksi
Penulis        : Isriani Hardini
Penerbit      : Kenanga Pustaka Indonesia-Jakarta
Tahun terbit : 2011




Bahasa adalah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia, yang diatur oleh suatu sistem. Sebagai alat komunikasi, bahasa harus mampu menampung dan menyampaikan perasaan dan pikiran penggunanya sehingga dapat dimengerti oleh orang yang diberi informasi.

Kata adalah satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri, terjadi dari morfem tunggal (misalnya batu, rumah, datang) atau gabungan morfem (misalnya pejuang, pancasila, mahakuasa).  Dalam berkomunikasi, pilihan kata (diksi) sangatlah penting. Ketika memilih kata untuk membuat kalimat, diksi yang digunakan harus sesuai dengan situasi penggunaan dan tempat penggunaan. Pemilihan kata dilakukan apabila tersedia sejumlah kata yang artinya hampir sama.
Buku yang berjudul Diksi (Pilihan Kata) dalam Bahasa Indonesia berisi tentang mengenal diksi (pilihan kata), ketepatan pilihan kata, kesesuaian pilihan kata, idiom, dan kamus sebagai sumber diksi. Penulis berharap dengan hadirnya buku ini dapat menambah pengetahuan teman-teman mengenai diksi (pilihan kata) dalam bahasa Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar